"WELCOME TO ADV. PUJA'S BLOG"

Total Tayangan Halaman

Translate

Rabu, 12 Desember 2012


Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja
oleh  : Puja Adi Priatna


Sebagai seorang pelajar kita harus mempunyai pribadi yang luhur, kita harus mempunyai tempat untuk menuangkan ide, gagasan dan ekspresi kita dalam kegiatan positif. Salah satunya dengan mengikuti ekstrakurikuler yang ada di sekolah.  Dengan mengikuti ekstrakurikuler maka seorang pelajar dapat memperluas pengetahuan, menyalurkan bakat dan minatnya.
Pernahkah kalian mendengar KIR? Lalu menurut kalian apa sih KIR itu? Kegiatan apa saja yang dilakukan dan apa manfaat yang dapat diperoleh? Ingin tahu lebih lengkap tentang KIR yang ada di SMAN 1 Trenggalek? Ayo bacalah artikel dibawah ini!  



Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di SMAN 1 Trenggalek
            KIR atau kepanjangannya Karya Ilmiah Remaja ini merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil pemikiran ilmiah untuk menuangkan gagasan, ide kreatifitas dan inofasi-inofasi baru dalam sebuah karya tulis. Didalam KIR ini mengutamakan unsur kreatifitas penulis karena dalam membuatnya dibutuhkan pemikiran dan ide-ide baru yang  bermanfaat untuk masa yang akan datang.
            Ekstrakulikuler  KIR di SMAN 1 Trenggalek ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang umumnya digemari anak SMA yang hobi menulis. Ekstrakulikuler ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang sering mengharumkan nama baik SMAN 1 Trenggalek karena sering menang dalam lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Universitas  maupun  Kejuaraan Nasional. Dan prestasi yang sudah diperoleh diantaranya: Juara 2 tingkat Nasional, Juara 2 di UI dan masih banyak yang lain.
            Kegiatan perkumpulan ekstrakulikuler KIR ini dilaksanakan siswa setiap hari Selasa sepulang sekolah. Saat kumpulan kegiatan yang dilakukan seperti: pemberian materi dari guru Pembimbing KIR, bertukar pendapat dalam membuat karya tulis dan penyampaian lomba-lomba karya ilmiah. Setiap tahun ajaran baru ekstrakulikuler KIR diikuti oleh siswa kelas X yang mempunyai minat dan bakat dalam menulis. Saat awal masuk siswa yang datang saat kumpulan sangat banyak. Mereka dituntut untuk berfikir aktif dalam segala hal, termasuk menyalurkan ide-ide dan inovasi-inovasi baru untuk ditulis dalam suatu karya ilmiah. Tetapi siswa yang datang kumpulan setiap hari Selasa semakin lama semakin sedikit. Mungkin mereka merasa kesulitan dalam membuat karya ilmiah terus tidak melanjutkan mengikuti ekstrakulikuler KIR lagi. Dan siswa kelas X yang tetap mengikuti ekstrakulikuler KIR inilah yang mempunyai kemauan besar dalam menulis.  
            Untuk meningkatkan pemahaman dalam menulis, ekstrakulikuler KIR menyelenggarakan Diklat KIR di SMAN 1 Trenggalek yang dilaksanakan tanggal 25 November 2012. Diklat ini diikuti oleh semua siswa SMAN 1 Trenggalek termasuk yang ikut dalam ekstrakulikuler KIR. Di dalam Diklat itu dijelaskan cara menemukan ide kreatif dan membuatnya menjadi sebuah karya ilmiah serta penyampaian motivasi-motivasi dalam menulis sebuah karya. Yang nantinya mereka dapat meneruskan jejak kakak kelasnya yang sudah berprestasi dan mengharumkan nama baik SMAN 1 Trenggalek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar